Logo Bloomberg Technoz

Booming Proyek Pembangkit Nuklir, Harga Uranium Pecah Rekor

News
22 November 2023 10:40

Uranium./dok. Bloomberg
Uranium./dok. Bloomberg

Eddie Spence - Bloomberg News

Bloomberg, Harga uranium menembus US$80/pon untuk pertama kalinya dalam lebih dari 15 tahun, terdorong oleh meroketnya permintaan mineral radioaktif tersebut untuk bahan baku tenaga listrik di berbagai negara.

Kontrak berjangka Nymex – yang melacak kontrak pasar fisik untuk bentuk mentah uranium yang dikenal sebagai yellowcake – mencapai US$80,25 per pon pada Senin pekan ini. Harga telah meningkat tajam tahun ini, mencapai tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya sejak kecelakaan Fukushima di Jepang yang menyebabkan pemerintah di seluruh dunia mengurangi penggunaan tenaga nuklir.

Setelah invasi ke Ukraina, keadaan menjadi sangat berbeda, di mana banyak negara yang beralih ke tenaga nuklir sebagai sumber energi rendah karbon yang dapat mendiversifikasi bauran energi terbarukan mereka dan bahan bakar fosil impor.

Beberapa perusahaan utilitas di Eropa memperpanjang masa pakai reaktor mereka untuk mengatasi hilangnya pasokan gas Rusia, sementara pembangunan armada nuklir China terus berjalan dengan cepat.

Pergerakan harga uranium./dok. Bloomberg