Logo Bloomberg Technoz

Alasan RI Obral Dana JETP untuk Transmisi, Bukan Suntik Mati PLTU

Sultan Ibnu Affan
21 November 2023 14:50

PLTU Cirebon-1./Bloomberg-Muhammad Fadli
PLTU Cirebon-1./Bloomberg-Muhammad Fadli

Bloomberg Technoz, Jakarta – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyebut pensiun dini pembangkit batu bara dengan dana Just Energy Transistion Program (JETP) hanya akan dilakukan terhadap PLTU Cirebon-1.

Setelah pensiun dini Cirebon-1, pemerintah justru akan fokus menggunakan dana JETP senilai US$20 miliar (sekitar Rp309 triliun) untuk proyek elektrifikasi seperti transmisi dan distribusi listrik.

“Itu yang kita targetkan [pensiun dini PLTU] Cirebon dahulu nih. Nah, habis itu masuk ke transmisi lah,” ujarnya seusai peluncuran dokumen Comprehensive Investment and Policy Plan (CIPP) JETP, Senin (21/11/2023).

Soal proyek transmisi, lanjut Arifin, salah satu yang dinilai paling urgen adalah pembangunan proyek distribusi listrik lintas Sumatra Selatan dan Sumatra Utara. “Kalau Jawa kan sudah kelebihan [oversuplai listrik]. Kita kirim ke Sumsel. Sumsel kelebihan, kirim lagi ke atas.”

Rachmat Kaimuddin, Ketua Tim Pelaksana Satuan Tugas Transisi Energi Nasional, tidak menampik komitmen investasi JETP memang lebih difokuskan untuk pembangkit dan elektrifikasi, alih-alih pensiun dini PLTU.