Logo Bloomberg Technoz

Nantinya bursa kripto akan menyerupai cara kerja pasar saham dengan memisahkan perdagangan, kliring, dan kustodian di bawah pengawasan resmi dan muncul saat regulator secara global meningkatkan pengawasan terhadap bursa kripto swasta.

Platform pertukaran kripto FTX jatuh ke dalam kebangkrutan yang kacau pada bulan November, dan menimbulkan kerugian hingga $8 miliar. Kasus ini memicu kekhawatiran bahwa terlalu banyak platform semacam itu akan menjadi tidak jelas dan berisiko bagi investor.

Target Tengah Tahun

Sekitar 24 platform perdagangan kripto nantinya harus berdagang di bursa nasional yang diamanatkan negara dan bertindak sebagai pialang, kata Noordiatmoko. Pemerintah menargetkan bursa nasional tersebut dapat didirikan pada pertengahan 2023 dan akan dijalankan oleh perusahaan swasta daripada pemerintah, tambahnya.

Indonesia menempati peringkat ke-20 dari 146 negara dalam indeks adopsi kripto global tahun 2022 berdasarkan data Chainalysis, lembaga spesialis pelacakan transaksi aset digital.

Negara-negara Asia dan Oceania yang menerima kripto (Bloomberg)

Tetapi volume perdagangan bulanan telah turun 95% menjadi US$ 233 juta bulan lalu dari puncak US$ 4,7 miliar pada Mei 2021, menurut data dari CryptoCompare.

Undang-undang Indonesia yang baru saja disahkan mengklasifikasikan aset digital sebagai sekuritas keuangan dan pengawasan sektor ini akan dialihkan selama dua tahun ke depan ke Otoritas Jasa Keuangan dari agen perdagangan berjangka komoditas.

Dengan mengatur token sebagai sekuritas dan menyiapkan pertukaran kripto nasional, pemerintah “mengakui validitasnya sebagai instrumen keuangan dan investasi di negara ini,” kata Vincent Thong Ming Sen, manajer konten untuk Avocado DAO, sebuah guild game metaverse dan blockchain.

Dia mengatakan perubahan itu memerlukan aturan pelaporan dan pengungkapan yang lebih ketat untuk mengatasi risiko pencucian uang dan pendanaan terorisme, ia juga menambahkan bahwa hanya waktu yang akan menentukan apakah pendekatan keseluruhan berjumlah "berlebihan".

Kesuksesan NFT

Pemerintah Indonesia dianggap memiliki pikiran terbuka terhadap aset digital, sedangkan AS termasuk di antara negara-negara yang ketat melakukan penindakan setelah terjadi kerugian pasar $1,5 triliun tahun lalu yang menyebabkan serangkaian kripto anjlok.

Sikap pemerintah itu tergambar dari fenomena populernya seorang mahasiswa bernama Sultan Gustaf Al Ghozali. Ia menjadi hit di media sosial setelah menghasilkan 1,5 miliar rupiah ($98.500) dengan menjual token foto selfie yang tidak dapat dipertukarkan. Kantor pajak mengucapkan selamat kepadanya dan mengingatkannya untuk membayar pajak yang diwajibkan.

Meskipun pendirian bursa kripto nasional molor dar tenggat waktu tetapi Noordiatmoko bersikeras itu akan diatur sebelum aturan pengawasan aset digital diteruskan ke Otoritas Jasa Keuangan.

Bank Indonesia sebelumnya telah mengindikasikan bahwa versi rupiah berbasis blockchain akan menjadi satu-satunya alat pembayaran digital yang sah di negara Asia Tenggara.

(bbn)

No more pages