Logo Bloomberg Technoz

Market Cap BREN Pepet BBCA, Valuasi Capai Ratusan Persen

Muhammad Julian Fadli
21 November 2023 09:03

Barito Renewables Energy. (Dok. Barito Renewables Energy)
Barito Renewables Energy. (Dok. Barito Renewables Energy)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kapitalisasi pasar atau market cap saham PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) telah menyalip PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI). Perlu diingat, valuasi saham emiten milik Prajogo Pangestu ini juga sudah tidak lagi murah.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), market cap BREN saat ini mencapai Rp910 triliun, menempati urutan kedua terbesar mendekati saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) yang sebesar Rp1.083 triliun. Sementara, market cap BBRI ada di urutan ketiga dengan nilai Rp788 triliun.

Tingginya market cap BREN tak lepas dari pergerakan harga saham perusahaan yang bergerak di industri energi baru terbarukan (EBT) ini. Harga saat ini ada di level Rp6.800/saham, melesat hampir sembilan kali lipat dibanding harga initial public offering (IPO), Rp780/saham.

Di balik kenaikan itu, valuasi saham BREN tak lagi murah. Price to earning ratio (PER) mencapai 521,4 kali. Sedang price to book value mencapai 229,31 kali.

Secara kasat mata, valuasi itu saja sudah mahal. Terlebih, jika dibandingkan dengan PER saham PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGEO) yang masih sebesar 18,7 kali. Adapun PBV saham entitas usaha Pertamina ini masih di 1,72 kali.