Logo Bloomberg Technoz

Mengulas Perjalanan Carsome di Indonesia yang PHK Karyawan

Rosmayanti
18 November 2023 11:45

Ilustrasi Carsome Indonesia. (Dok: Perusahaan)
Ilustrasi Carsome Indonesia. (Dok: Perusahaan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Carsome, aplikasi jual beli online kendaraan asal Malaysia, yang didukung oleh Temasek Holdings dan Qatar Investment Authority telah memecat ratusan (Pemutusan Hubungan Kerja/PHK) karyawan di Indonesia dan Thailand.

Sejak akhir bulan September rumor PHK oleh manajemen Carsome telah terdengar, seperti dilaporkan Tech Wire Asia bahwa perusahaan tengah mempertimbangkan langkah efisiensi.

Berdasarkan laporan Bloomberg News, Carsome yang memiliki sekitar 4.000 karyawan, akan melepas ratusan pekerjanya sebagai bentuk upaya mengurangi biaya dan mencapai profitabilitas. Carsome juga memiliki target melantai di bursa saham.

Carsome diketahui telah mengurangi operasinya secara signifikan pada Indonesia dan Thailand, kata orang-orang yang mengetahui keputusan ini, namun meminta untuk tidak disebutkan namanya karena rencana tersebut tidak untuk umum. 

Carsome memiliki 42 cabang di seluruh Indonesia, terdiri dari 28 inspection center dan  14 experience center. Dalam pengembangan bisnisnya Carsome diketahui juga telah mengakuisisi iCar Asia, platform sejenis bulan Februari 2022. iCar Asia mengendalikan bisnis Mobil123 di Indonesia, dikatakan perusahaan dalam laman situs resmi.