Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Gaet Investasi Exxon Rp234 T demi Bikin CCS Terbesar Asean

Sultan Ibnu Affan
16 November 2023 11:48

Menara pemrosesan minyak dan infrastruktur milik Exxon Mobil Corp. Banyu Urip Central Processing Facility di Bojonegoro (Dimas Ardian/Bloomberg)
Menara pemrosesan minyak dan infrastruktur milik Exxon Mobil Corp. Banyu Urip Central Processing Facility di Bojonegoro (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Di sela kunjungan kerja Amerika Serikat (AS) sejak awal pekan ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan waktu untuk bertemu dengan Chairman ExxonMobil Corporation Darren Woods di Hotel Four Seasons, San Francisco.

Dalam pertemuan pada Rabu (15/11/2023), waktu setempat itu, keduanya menjajaki kerja sama kilang petrokimia hijau atau green petrochemical plant dan penangkapan penyimpanan karbon atau carbon capture storage (CCS) senilai US$15 miliar (sekitar Rp234 triliun).

"Saya apresiasi rencana kerja sama untuk pembangunan kilang petrokimia hijau dan CCS dengan nilai mencapai US$15 miliar,” ujar Jokowi, dilansir melalui laman Sekretariat Presiden, Kamis (16/11/2023).

Jokowi mengatakan proyek fasilitas penangkapan karbon itu pun direncanakan bakal menjadi salah satu yang tersebar di kawasan Asia Tenggara, berikut dengan kilang petrokimia yang juga diklaim bakal menjadi salah satu kilang hijau tercanggih di dunia.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, selain membahas rencana kerja sama investasi tersebut, Jokowi juga mengundang bos Exxon itu untuk berinvestasi di Ibu Kota Nusantara (IKN).

CEO Exxon Mobil Corp. Darren Woods. (Sumber: Bloomberg)