Logo Bloomberg Technoz

1. Rosan Roeslani
Rosan merupakan Ketua umum TKN. Usahanya pernah merambah sejumlah sektor bisnis melalui bendera Recapital Group, sebelum akhirnya menjadi Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia.

Ia sempat menjadi Wakil Menteri BUMN, meski jabatan ini tak lama diembannya usai mengundurkan diri karena menjadi Ketua TKN.

2. Aburizal Bakrie
Posisi pembina TKN diisi oleh Aburizal Bakrie. Nama ini sudah tak asing di dunia usaha. Grup Bakrie bergerak di banyak sektor bisnis. Kini anak-anaknya yang banyak meneruskan konglomerasi pria yang kerap disapa Ical maupun ARB ini.

3. Hashim Djojohadikusumo
Hashim adalah pemilik Arsari Group. Perusahaan ini bergerak di sektor pertambangan, bioethanol, hingga perkebunan karet. Di TKN, ia menjabat sebagai wakil ketua pengarah.

Capres Prabowo Subianto dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka usai tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto. (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita)

4. Maher Algadri
Mahel Algadri besar melalui Kodel Group. Ia pernah tercatat sebagai salah satu konglomerat era Orde Baru.

5. Erwin Aksa
Erwin Aksa pernah mengikuti jejak sang ayah bersama Bosowa Group. Ia didapuk menjabat sebagai Wakil Ketua Koordinator Strategis TKN.

6. Theo Sambuaga
Ia adalah Presiden Komisaris PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK). Theo menjabat sebagai Anggota Penasihat TKN dan diketahui merupakan elite teras di Partai Golkar

7. Pandu Sjahrir

Pandu adalah keponakan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan ini menjabat sebagai wakil bendahara umum. Ia memiliki sejumlah usaha, termasuk memegang jabatan Wakil Direktur Utama PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA).

8. Putri Kuswisnu Wardani
Perempuan ini ini adalah petinggi perusahaan kosmetika Mustika Ratu. Putri menjabat sebagai Anggota Penasihat TKN. Putri adalah anak kandung Mooryati Soedibyo yang merupakan pendiri PT Mustika Ratu

TPN Ganjar-Mahfud

1. Arsjad Rasjid

Arsjad merupakan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia yang sedang nonaktif. Dia juga pendiri merangkap Direktur Utama PT Indika Energy Tbk. Skala perusahaan tersebut sudah level besar.

2. Denon Prawiraatmadja

Denon merupakan bos Whitesky. Diketahui Whitesky merupakan pengelola Bandara Internasional Halim Perdana Kusuma. Perusahaan itu sempat menjadi bagian dari Lion Group tetapi kemudian sudah tidak lagi sejak akhir 2020. Whitesky belakangan disebut menguasai aset barang milik negara (BMN) seluas 21 hektare milik TNI Angkatan Udara. Hal itu sesuai dengan putusan Mahkamah Agung (MA) yang menerbitkan Putusan Peninjauan Kembali MA No. 527/PK/PDT/2015 yang diputuskan pada 2016. 

Bacapres Ganjar Pranowo dan bacawapres Mahfud MD melakukan pendaftaran di Kantor KPU, Kamis (19/10/2023). (Bloomberg Tehnoz/Andrean Kristianto)

3. Heru Dewanto 

Heru merupakan pengusaha dengan latar belakang insinyur. Dia menjadi Ketua Umum  Persatuan Insinyur Indonesia (PII) pada 2018-2021 menggantikan Hermanto Dardak pada saat itu.

Dia adalah Presiden Direktur Cirebon Power, konsorsium pembangkit listrik dengan total kapasitas 660 MW dan 1.000 MW di Cirebon.

4. Angela Herliani Tanoesoedibjo

Angela merupakan putri sulung konglomerat Hary Tanoesoedibjo. Angela kini sedang menjabat sebagai Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dia kerap duduk sebagai direktur di perusahaan sang ayah seperti pernah menjabat Direktur PT MNI Entertainment (November 2011-Juni 2017), Wakil Direktur MNC Channels (2013-2014) dan Corporate Finance and Business Development Associate MNCN (2010-2013).
 
 5. Bagas Adhadirga

Bagas dikenal sebagai pengusaha aviasi. Bagas merupakan CEO PT Asia Aero yang diketahui pernah membangun bandara sendiri yakni di Wiladatika Private Airport di Buperta Cibubur. Dia juga merupakan Ketua Bidang IX Internasional dan Pariwisata Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 

Timnas Anies-Muhaimin (Amin):

1. Leontinus Alpha Edison

Leontinus diperkenalkan sebagai co-captain di Timnas Pemenangan Anies-Muhaimin. Dia adalah co-founder e-commerce Tokopedia. Leontinus dan William Tanuwijaya mendirikan Tokopedia 14 tahun silam yang kini menjadi salah satu unit bisnis PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO). 

2. Gede Widiade

Gede merupakan bendahara Timnas Amin. Dia dikenal merupakan pengusaha teras Surabaya yang berasal dari Bali. Dia diketahui pebisnis di bidang properti, hotel serta kafe di berbagai daerah di Indonesia.

Gede Widiade pernah memiliki lima klub sepak bola di Indonesia secara bergantian. Dia antara lain pernah menjadi Presiden klub Persija Jakarta pada 2017. 

Bacapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar melakukan pendaftaran di Kantor KPU, Kamis (19/10/2023). (Bloomberg Tehnoz/Andrean Kristianto)

(ezr)

No more pages