Logo Bloomberg Technoz

Saham Sea Induk Shopee Longsor 22% Usai Merugi Rp2,3 T

News
15 November 2023 08:00

SEA LTD. (Dok. SEA LTD)
SEA LTD. (Dok. SEA LTD)

Olivia Poh - Bloomberg News

Bloomberg, Saham Sea Ltd anjlok setelah melaporkan kerugian mengejutkan pada kuartal ketiga, terpukul oleh makin ketatnya persaingan dari Alibaba Group Holding Ltd. dan ByteDance Ltd. di wilayah asalnya.

Sahamnya turun 22% di perdagangan New York — menghapus nilai pasar sekitar US$6 miliar — setelah perusahaan membukukan kerugian bersih sebesar US$149 juta, dibandingkan dengan laba US$322 juta pada kuartal sebelumnya. Analis memperkirakan perusahaan dagang-el dan gim tersebut akan melaporkan keuntungan sekitar US$100 juta.

Chief Executive Officer Forrest Li mengatakan kepada investor melalui telepon setelah hasil kinerjanya, dia yakin perusahaannya harus berinvestasi besar-besaran sekarang untuk membangun skala di cabang ritel daringnya, Shopee, di tengah persaingan dari TikTok milik ByteDance, Lazada milik Alibaba, dan Temu milik PDD Holdings Inc. Namun, hal itu akan mengorbankan keuntungan jangka pendek akan membantu bisnis di masa depan, katanya.

“Masuknya pemain baru telah meningkatkan persaingan di pasar kami,” kata Li, tanpa menyebutkan nama pendatang tersebut. “Berinvestasi lagi pada pangsa pasar sekarang akan menempatkan kami lebih baik.”

Pergerakan saham Sea Ltd./dok. Bloomberg