Logo Bloomberg Technoz

Jokowi dan Biden juga sepakat terkait implementasi Just Energy Transition Partnership (JETP). Jokowi menyampaikan, "agar AS dapat mendukung upaya mempercepat transisi energi Indonesia, termasuk program Early Retirement PLTU dan pengembangan jaringan transmisi dan distribusi kelistrikan Indonesia."

Indonesia juga telah terpilih sebagai salah satu mitra International Technology Security and Innovation Fund dari AS, yang dapat membuka jalan bagi penguatan rantai pasok semi konduktor. Jokowi juga mengingatkan pentingnya perpanjangan Generalized System of Preferences (GSP) untuk Indonesia pada Biden. 

AS juga telah menyampaikan komitmen membrikan dukungan terhadap permohonan Indonesia menjadi anggota Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (Organisation for Economic Co-operation and Development/OECD).

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan posisi tegas Indonesia terkait konflik Israel dan Palestina. Presiden meminta AS dapat menggunakan pengaruhnya untuk menghentikan kekejaman Israel di Gaza.

Jokowi menegaskan gencatan senjata harus segera dilakukan agar bantuan kemanusiaan dapat tiba dengan aman dan berkelanjutan. Jokowi juga mendukung proses perdamaian menuju two state solution berdasarkan parameter internasional yang disepakati untuk segera dimulai kembali.

(del)

No more pages