Logo Bloomberg Technoz

Poin-Poin Pertemuan Jokowi & Biden, Bahas Mineral-Transisi Energi

Delia Arnindita Larasati
14 November 2023 22:35

Presiden Jokowi berbincang dengan Presiden AS Joe Biden saat pertemuan di Gedung Putih, AS, Senin (13/11/2023). (BPMI Setpres/Laily Rachev)
Presiden Jokowi berbincang dengan Presiden AS Joe Biden saat pertemuan di Gedung Putih, AS, Senin (13/11/2023). (BPMI Setpres/Laily Rachev)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Gedung Putih, Washington DC pada Senin (13/11). Keduanya membahas berbagai isu, mulai dari mineral hingga transisi energi.

Indonesia merupakan satu-satunya negara yang diundang AS untuk melakukan kunjungan bilateral di Washington DC menjelang KTT APEC di San Francisco. Ada enam poin pertemuan berdasarkan rilis resmi dari Kementerian Luar Negeri.

Pertama, Indonesia dan AS sepakat meningkatkan status hubungan bilateral dari strategic partnership menjadi Comprehensive Strategic Partnership (CSP).

"CSP Indonesia-AS akan menjadi pondasi kuat untuk penguatan kerja sama bilateral, terutama di bidang ekonomi," demikian tertulis dalam rilis tersebut.

Indonesia dan AS juga menyepakati pentingnya penguatan kerja sama terkait mineral kritis. Kedua negara akan membentuk rencana kerja untuk mewujudkan Critical Mineral Agreement (CMA), yang akan membuat Indonesia menjadi pemasok kebutuhan baterai kendaraan listrik di AS dalam jangka panjang.