Logo Bloomberg Technoz

Asuransi Kesehatan akan Beri Dorongan Baru Inflasi AS

News
13 November 2023 20:40

Ilustrasi Asuransi. (Envato/89STOCKER)
Ilustrasi Asuransi. (Envato/89STOCKER)

Molly Smith - Bloomberg News

Bloomberg, Perubahan cara perhitungan pemerintah terhadap biaya asuransi kesehatan berpotensi menyumbang inflasi bagi masyarakat Amerika Serikat (AS). Ini membalik tren yang selama ini memberikan sedikit kelonggaran dalam beberapa bulan terakhir. 

Mulai rilis Indeks Harga Konsumen (IHK) Oktober, yang akan disampaikan Selasa waktu setempat, Biro Statistik Tenaga Kerja akan menerapkan beberapa perubahan dalam cara mereka menghitung kategori tersebut. Selain dari perubahan rutin dalam data sumber, metodologi baru ini akan bertujuan untuk meratakan beberapa volatilitas dan mengurangi keterlambatan waktu dalam indeks.

Setelah menjadi penghambat inflasi keseluruhan selama setahun terakhir, perhitungan baru ini dengan luas diantisipasi akan memberikan tekanan ke atas pada IHK utama, setidaknya dalam jangka pendek. Ini juga akan meningkatkan subset yang lebih sempit dari inflasi jasa yang tidak termasuk energi dan perumahan.

Bank Sentral AS, Federal Reserve (The Fed), memantau dengan cermat apa yang disebut sebagai jasa inti, tetapi menghitungnya berdasarkan angka indeks harga terpisah dalam laporan pengeluaran dan pendapatan konsumsi pribadi.

Data inflasi. (Sumber: Bloomberg)