Logo Bloomberg Technoz

Dunia Tak Berdaya Hentikan Kekejaman Israel di Gaza, Kata Jokowi

Dovana Hasiana
12 November 2023 13:15

Aksi demo bela Palestina di depan kantor perwakilan PBB di Jakarta, (20/10/2023)(Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Aksi demo bela Palestina di depan kantor perwakilan PBB di Jakarta, (20/10/2023)(Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melontarkan kecaman keras terhadap kekejaman kemanusiaan yang dilakukan oleh Israel di Jalur Gaza yang telah menelan banyak korban dari kalangan masyarakat sipil, termasuk bayi-bayi tak berdosa.

Dalam pernyataannya di Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam, KTT OKI, yang digelar di Riyadh, Arab Saudi, Sabtu waktu setempat, Jokowi menyoroti dunia yang terlihat tak berdaya menyaksikan kekejaman Israel.

"OKI  harus mampu menghasilkan hal-hal yang konkret agar kekejaman kekejaman Israel di Gaza dapat segera dihentikan. Satu bulan telah terjadi kekejaman ini dan dunia seolah-olah tidak berdaya, lebih dari 7,9 miliar penduduk dunia dan lebih dari 190 pimpinan negara, tapi sampai saat ini tak satupun yang mampu menghentikan kekejaman ini," kata Jokowi, sepertti dilansir dari kanal Youtube Sekretariat Presiden, Minggu (12/11/2023).

Dalam pernyataan tersebut, Jokowi membeberkan beberapa usulan. 

Pertama, gencatan senjata harus dapat segera dilakukan karena tanpa gencatan senjata situasi di Gaza tidak akan membaik. "Israel telah menggunakan narasi self-defense dan terus melakukan pembunuhan rakyat sipil. Ini tak lain sebuah collective punishment dan kita semua harus mencari jalan agar Israel segera melakukan gencatan senjata," kata Jokowi.