Logo Bloomberg Technoz

M Tabrani, Wartawan & Penggagas Bahasa Indonesia jadi Pahlawan

Rosmayanti
11 November 2023 19:30

M Tabrani, Wartawan & Penggagas Bahasa Indonesia jadi Pahlawan Nasional (Dok Sekretariat Presiden)
M Tabrani, Wartawan & Penggagas Bahasa Indonesia jadi Pahlawan Nasional (Dok Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Mohammad Tabrani menjadi salah satu tokoh yang tahun ini dianugerahi sebagai pahlawan nasional. Gelar tersebut diberikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Hari Pahlawan Nasional, Jumat (10/11/2023).

Pria bernama lengkap Mohammad Tabrani Soerjowitjitro ini memiliki peran penting dalam penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional hingga saat ini. Tabrani diketahui gigih dalam memperjuangkan bahasa Indonesia. Perjuangannya dimulai dari Volksraad: Dewan Rakyat, yang turut mendukung Kongres Bahasa Indonesia (KBI) Pertama di Solo pada 1938.

Pada 10 Januari 1926, dalam kolom Kepentingan yang diasuh Tabrani di lembaga pers dimuat tulisan berjudul Kasihan. Tulisan tersebut disebut sebagai awal penggunaan nama bahasa Indonesia.

Sebelum Ikrar Sumpah Pemuda 1928, Tabrani bahkan sudah menggunakan nama bahasa Indonesia. Ia juga menggunakan istilah tersebut sebelum Kongres Pemuda Pertama April-Mei 1926.

Tabrani berpandangan bahwa kemerdekaan hanya dapat dicapai melalui persatuan, dan persatuan tersebut dapat dicapai melalui ikatan bahasa Indonesia.

Baca Juga