Logo Bloomberg Technoz

Kiai Abdul Chalim dan 12 Tokoh NU jadi Pahlawan Nasional

Rosmayanti
11 November 2023 18:30

Pendiri NU Abdul Chalim yang menjadi Pahlawan Nasional. (Dok. Sekretariat Presiden)
Pendiri NU Abdul Chalim yang menjadi Pahlawan Nasional. (Dok. Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan gelar pahlawan nasional kepada enam tokoh, Jumat (10/11/2023). Salah satu tokohnya adalah KH Abdul Chalim Leuwimunding yang adalah satu dari delapan tokoh pendiri organisasi masyarakat Nahdlatul Ulama (NU) di Indonesia.

Melansir situs NU Online, Kiai Abdul Chalim lahir di Leuwimunding, Majalengka, Jawa Barat pada 2 Juni 1898. Dia adalah putra dari pasangan Mbah Kedung Wangsagama dan Nyai Suntamah.

Saat berusia 16 tahun, Kiai Abdul Chalim sudah menunaikan ibadah haji dan menuntut ilmu ke tanah Hijaz, Arab Saudi selama dua tahun. Ia sempat belajar pada sejumlah ulama terkenal seperti Syaikh Ahmad Dayyat, Abu Abdul Mu'thi, dan Muhammad Nawawi bin Umar Al-Bantani alias Imam Nawawi Banten.

Saat belajar di Hijaz, Kiai Abdul Chalim juga bertemu dengan banyak ulama Indonesia. Hal ini menjadi awal kedekatannya dengan sejumlah tokoh seperti sahabat dan gurunya, KH Abdul Wahab Hasbullah atau Kiai Wahab Jombang. 

Pada usia muda, Abdul Chalim juga sudah menjadi anggota termuda dan pengurus Sarekat Islam (SI) Hijaz. Dia juga menjadi wakil katib dalam kepengurusan pertama Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). 

Baca Juga