Logo Bloomberg Technoz

Tim Pemenangan 3 Capres Tebar Janji Perkuat Pasar Modal Indonesia

Sultan Ibnu Affan
10 November 2023 07:40

Tim Pemenangan pasangan Ganjar-Mahfud MD; Prabowo-Gibran; dan Anies-Muhaimin. (Bloomberg Technoz/Sultan Ibnu)
Tim Pemenangan pasangan Ganjar-Mahfud MD; Prabowo-Gibran; dan Anies-Muhaimin. (Bloomberg Technoz/Sultan Ibnu)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Tim pemenangan ketiga pasangan capres-cawapres pada Pemilu 2024 menebar janji yang nyaris serupa tentang strategi pasar modal masa depan.

Hal ini diungkap saat wakil Prabowo-Gibran, Ganjar-Mahfud MD, dan Anies-Muhaimin mengikuti debat tim capres bertajuk 'Arah dan Wajah Pasar Modal Indonesia 2024', Kamis, (9/11/2023).

Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud MD, Andi Wijayanto mengatakan, Pemerintahan Ganjar-Mahfud MD akan meningkatkan kekuatan institusi Pasar Modal Indonesia. Pada saat ini, kata dia, pertumbuhan finansial pasar modal terbesar masih ditopang sektor perbankan, terutama bank himbara. Pada posisi berikutnya adalah sektor energi, kemudian sektor teknologi.

"Tapi kalau dilihat dari trennya maka yang benar-benar bisa melompat signifikan dalam pasar modal dunia ini adalah perusahaan-perusahaan di bidang teknologi," ujar Andi.

Hal ini bisa ditunjang dengan kebijakan pemerintah meningkatkan literasi pasar keuangan di Indonesia. Di sisi lain, Indeks Pembangunan Keuangan (IPK) indonesia, kata dia, masih menempati posisi 63 dari total 192 negara. Maka dari itu, Ganjar-Mahfud MD ingin meningkatkan kekuatan institusi pasar modal RI.