Logo Bloomberg Technoz

Minyak Iran Diborong China, AS Kalang Kabut

News
09 November 2023 17:40

Ilustrasi tank minyak di Iran (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi tank minyak di Iran (Sumber: Bloomberg)

Serene Cheong - Bloomberg News

Bloomberg, Kelompok garis keras di Washington menuntut pemerintahan Presiden Joe Biden memperketat sanksi Amerika Serikat (AS) terhadap Iran sebagai hukuman atas dukungannya terhadap Hamas, kelompok militan di balik serangan yang memicu konflik saat ini dengan Israel.

Teheran, menurut mereka, telah mengekspor lebih banyak minyak dalam beberapa bulan terakhir dibandingkan dengan beberapa tahun terakhir.

Namun, langkah-langkah baru dan penegakan hukum yang lebih ketat akan sulit untuk membatasi sumber pendapatan utama Iran – karena selera China terhadap minyak mentah yang didiskon, dan apa yang digambarkan oleh para pedagang, analis, dan eksekutif industri minyak sebagai perluasan jaringan pembayaran dan transportasi yang tidak dapat dijangkau oleh AS.

Menyusul kepergian mantan Presiden Donald Trump dari perjanjian nuklir penting pada 2018, Teheran harus menghadapi kampanye “tekanan maksimum” AS, yang berusaha memaksanya untuk meninggalkan pengayaan uranium dan menghentikan bantuan untuk milisi proksi.