Logo Bloomberg Technoz

Cari Cuan dari Lelang Lukisan, Keuntungan Bisa Capai Rp38 T

News
04 November 2023 21:00

Sotheby’s art handlers adjust Pablo Picasso’s Femme à la montre, from the Emily Fisher Landau Collection. (Sumber: Bloomberg)
Sotheby’s art handlers adjust Pablo Picasso’s Femme à la montre, from the Emily Fisher Landau Collection. (Sumber: Bloomberg)

James Tarmy - Bloomberg News

Bloomberg, Musim lelang penting pada bulan November di New York akan dimulai minggu depan. Ketika ratusan karya seni Impresionis, modern, dan kontemporer - banyak di antaranya memiliki nilai lebih dari US$1 juta (Rp15 triliun) siap dilelang di rumah lelang Christie's, Sotheby's, dan Phillips. 

Total penjualan ketiga rumah lelang diperkirakan mencapai sekitar US$1,9 miliar (Rp29 triliun) hingga US$2,5 miliar (Rp38 triliun).

Penjualan ini datang setelah banjir materi yang muncul di pasar seni di Eropa dan Asia awal musim gugur ini, seringkali dengan respons yang bervariasi. Minggu penjualan yang kurang menggembirakan di Hong Kong pada bulan Oktober diikuti oleh hasil yang biasa-biasa saja di London. Walau di Paris menjadi sorotan, tetap membuat para pelaku pasar seni sepakat bahwa kesuksesan musim penjualan di New York kali ini lebih merupakan pertanyaan yang terbuka daripada biasanya. 

"Pasar jelas sedang lesu," kata Alex Rotter, ketua departemen seni abad ke-20 dan abad ke-21 Christie's. "Apakah saya ingin mengatakannya? Tidak. Apakah saya harus mengatakannya agar dipercayai? Tentunya.”