Logo Bloomberg Technoz

Dialog dengan Pemerintah, Perawat Inggris Tunda Mogok Kerja

22 February 2023 05:51

Ilustrasi Mogok Kerja Sektor Kesehatan di Inggris (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Mogok Kerja Sektor Kesehatan di Inggris (Sumber: Bloomberg)

Eamon Akil Farhat, Joe Mayes - Bloomberg News

Bloomberg - Perawat di Inggris menunda aksi mogok kerja (strike) seiring pembicaraan intensif dengan pemerintah seputar kenaikan upah. Namun pemerintah menegaskan kenaikan gaji mungkin masih terbatas.

Sebagaimana diwartakan Bloomberg News, pembicaraan antara Royal College of Nursing (RCN) dan Departemen Kesehatan dan Jaminan Sosial akan dimulai pada Rabu (22/2/2023) waktu setempat. Sedianya aksi mogok kerja akan dilakukan pada 1-3 Maret.

“Pemerintah dan Royal College of Nursing sepakat untuk memasuki proses pembicaraan intensif. Kedua pihak berkomitmen untuk menemukan kesepakatan yang adil dan masuk akal. Pembicaraan akan berfokus kepada upah, syarat dan ketentuan, serta peningkatan produktivitas,” ungkap keterangan bersama pemerintah dan RCN.

Kemarin, pemerintah menyatakan pekerja di sektor pemerintahan (termasuk perawat, polisi, guru, dan dokter gigi) akan mendapatkan kenaikan upah 3,5% pada tahun fiskal 2023-2024. Departemen Pendidikan juga akan mengundang serikat guru untuk berdialog.