Logo Bloomberg Technoz

Digitalisasi, Pertamina Klaim Hemat Anggaran Subsidi Rp53,5 T

Sultan Ibnu Affan
01 November 2023 14:35

Pertamina. (Dok: Bloomberg)
Pertamina. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT Pertamina (Persero) mengeklaim telah berkontribusi dalam menghemat anggaran subsidi untuk bahan bakar minyak (BBM) hingga tabung gas LPG 3 kg hingga Rp53,5 triliun.

Direktur Penunjang Bisnis Pertamina Erry Widiastono mengatakan penghematan anggaran tersebut disebabkan oleh upaya digitalisasi yang hingga kini dilakukan oleh perseroan dalam proses penyaluran BBM hingga tabung gas LPG bersubsidi.

"Hal ini terbukti pada 2022, di mana realisasi penyaluran [BBM bersubsidi] 1 juta kiloliter lebih kecil dari kuota subsidi, [sehingga] memberikan manfaat signifikan bagi penghematan sebesar Rp53,5 triliun dari alokasi anggaran subsidi,"  ujar Eddy di sela acara Pertamina Digital Expo 2023, Rabu (1/11/2023.

Eddy menambahkan, hingga kini perusahaan migas pelat merah juga terus mengupayakan digitalisasi dalam tiap langkah bisnisnya.

"Ini menjadi langkah penting dalam mengubah cara industri minyak dan gas, khususnya Pertamina dalam menjalankan operasional sehari-hari dari penggunaan inspeksi berbasis sistem mengurangi emisi karbon hingga automasi di fasilitas mulai dari hulu sampai hilir."