Logo Bloomberg Technoz

“Haaland dan Mbappe akan memenangkan Ballon d’Or suatu hari nanti. Erling sangat pantas mendapatkanya juga dia telah memenangkan Liga Premier, Liga Champions sambil menjadi top skor di segala hal. Penghargaan ini juga bisa menjadi milikmu hari ini. Saya yakin dalam beberapa tahun mendatang, kamu akan memenangkannya,” ujar Messi.

Karier Lionel Messi

Lionel Andres Messi lahir pada 24 Juni 1987 di Rosario, Argentina. Messi mengawal karier sepak bolanya saat berusia 5 tahun. Dia bermain untuk klub Geandoli pada tahun 1992-1995. 

Pada usia 11 tahun, Messi didiagnosis mengidap kekurangan hormon pertumbuhan. Saat itu, FC Barcelona lewat Carles Rexach yang saat itu menjabat sebagai direktur olahraga mengatakan bersedia membantu pengobatan Messi jika dia ingin bergabung. 

Hanya dengan secarik tisu, Messi menandatangani kontrak awalnya dengan Barcelona dan kariernya melejit di klub asal kota Catalunya, Spanyol tersebut.

Di Barcelona, Messi beberapa kali juara La Liga, Copa Del Rey, dan Piala Super Spanyol. Untuk gelar individu, 7 Ballon d’Or berhasil dimenangkan, sepatu emas Eropa 6 kali, pemain terbaik dunia Fifa, dan masih banyak lagi.

Lalu Barcelona mengalami masalah keuangan, sehingga mereka harus melepaskan Messi berpindah klub ke Paris Saint Germain pada 2021. Messi berhasil menyelesaikan musim terakhir di PSG dengan 21 gol dan 20 assist dari 41 laga bermain di klub Liga Prancis tersebut.

Setelah itu, Lionel Messi pindah ke klub MLS milik David Beckham, Inter Miami. Messi sejauh ini sudah tampil 14 kali di seluruh kompetisi MLS dan telah mencetak 11 gol. Messi juga berhasil membawa klub barunya menjuarai Leagues Cup.

Puncak kariernya saat dirinya berhasil membawa Argentina juara di Piala Dunia di Qatar pada tahun 2022. Saat itu Messi bermain gemilang dengan berhasil mencetak 7 gol. 

(spt)

No more pages