Logo Bloomberg Technoz

Fed & Geopolitik Ancam Trend Pelemahan Dolar Akhir Tahun

News
30 October 2023 08:20

ilustrasi dolar Amerika Serikat (Dok: Bloomberg)
ilustrasi dolar Amerika Serikat (Dok: Bloomberg)

Mia Glass—Bloomberg News

Bloomberg, Tren pelemahan greenback di akhir tahun mungkin gagal mendukung penurunan dolar akibat ketidakpastian ekonomi dan geopolitik saat ini di pasar global.

Biasanya arus perdagangan saat liburan, minat musiman untuk mengambil risiko serta periode penutupan buku akhir tahun cenderung menekan mata uang Amerika Serikat (AS) di masa ini. Namun, akumulasi efek kebijakan bank sentrlal AS, the Fed dan konflik  Timur Tengah tahun ini dapat mematahkan tren ini.

Bloomberg Dollar Spot Index terpantau turun setiap bulan Desember selama enam tahun berturut-turut, dengan penurunan rata-rata sekitar 1,4%. Pelemahan yang dimulai pada bulan November sebanyak empat kali. Nilai tukar sejumlah mata uang Asia terhadap dolar juga biasanya naik sekitar rata-rata 1,2% di bulan November dan Desember.

Data dolar AS melemah sepanjang November-Desember dalam enam tahun terakhir. (Dok: Bloomberg)

“Spread suku bunga riil relatif pada lima tahun terakhir, kelihatan lebih mendukung dolar saat ini, sehingga kondisi untuk penurunan dollar tampak lemah,” kata Vishnu Varathan, kepala ekonomi dan strategi di Mizuho Bank Ltd. di Singapura.