Logo Bloomberg Technoz

Pesan Damai Luhut & Sinyal Dukungan ke Prabowo-Gibran

Dovana Hasiana
25 October 2023 18:30

Luhut Pandjaitan. (Dok: Bloomberg)
Luhut Pandjaitan. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi menuliskan pesan lewat media sosial, tertuju pula pada tiga pasang capres-cawapres yang mengikuti kontestasi politik pemilu 2024. Namun bobot narasi dominan pada pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Luhut memposting lewat akun Instagram @luhut.pandjaitan dengan kalimat pembuka ‘Catatan dan harapan dari ruang pemulihan’.

Tulisan berbentuk carousel memulai dengan memberi selamat kepada Mahfud MD, Ganjar Pranowo, serta Anies Baswedan — Muhaimin Iskandar. Luhut menyampaikan rasa hormat kepada pasangan AMIN yang kini telah berdiri pada titik permulaan pemilihan. Luhut juga mengucapkan selamat pada Mahfud karena secara resmi telah terpilih berpasangan dengan Ganjar.

“Namun kabar yang sungguh menyita perhatian saya adalah bersatunya Pak Prabowo dan Mas Gibran sebagai pasangan Capres-Cawapres,” tulis Luhut. Dari Singapura, Luhut membaca terjadi pembelahan kubu; yang optimis dan ragu. Tapi bagi Luhut, menjadi hal yang lumrah dalam situasi demokrasi di Indonesia.

Meski terbelah, Luhut berharap tidak menjalar ke tindakan tidak suportif seperti mencaci maki, termasuk fitnah. Kembali Luhut berfokus pada Prabowo-Gibran, yang disebut dipasangkan lewat pertimbangan mendalam. Ia menilai pasangan yang terakhir mengumumkan maju Pilpres 2024 itu adalah simbiosis kebijaksanaan lewat pengalaman dan inovasi dari generasi muda.