Logo Bloomberg Technoz

LNG dari Tangguh Train 3 Mulai Dipasok dari Papua Barat ke Aceh

Sultan Ibnu Affan
19 October 2023 12:55

Kargo perdana LNG dari Tangguh Train 3 di Papua Barat./dok. SKK Migas
Kargo perdana LNG dari Tangguh Train 3 di Papua Barat./dok. SKK Migas

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kargo gas alam cair atau liquefied natural gas (LNG) perdana dari Blok Tangguh Train 3 di Papua Barat mulai dikirimkan untuk pembangkit listrik atau fasilitas regasifikasi milik PT PLN (Persero) di Arun, Aceh.

Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto mengatakan pengiriman kargo perdana tersebut sekaligus menandakan dimulainya operasi komersial proyek pengembangan Tangguh.

“Dengan beroperasinya Tangguh Train 3, maka kapasitas produksi dari dua Train yang saat ini telah beroperasi akan bertambah 3,8 juta ton dan membuat total kapasitas produksi tahunan menjadi 11,4 juta ton,”  paparnya melalui pernyataan resmi, Kamis (19/10/2023).

Menurut Dwi, pengapalan perdana LNG Tangguh ke PLN ini juga menjadi sentimen positif terhadap daya serap gas di pasar dalam negeri, guna memenuhi kebutuhan listrik dan tantangan energi di Tanah Air.

Terlebih, lanjutnya, Tangguh merupakan produsen LNG terbesar di Indonesia dan produksi dari Tangguh Train 3 akan berkontribusi signifikan dalam pencapaian target produksi gas nasional sebesar 12 BSCFD (miliar standar kaki kubik per hari)  pada 2030.