Logo Bloomberg Technoz

Mantan Pemain Terbaik Dunia FIFA, Weah, 57, sedang mencari masa jabatan berikutnya setelah enam tahun pertama yang kacau saat lonjakan harga pangan dan bahan bakar memicu krisis ekonomi dan memicu protes kekerasan pada Desember. Boakai, 78 tahun, telah menggunakan sentimen anti-Weah yang meluas untuk menggalang dukungan.

Perekonomian Liberia, yang memiliki cadangan emas dan bijih besi yang besar, sedang berjuang untuk pulih dari dua perang saudara yang berakhir dua dekade lalu, dan wabah virus Ebola terburuk yang pernah terjadi, yang mencapai puncaknya pada 2014.

Pendapatan per kapita masih sepertiga dibandingkan sebelum perang saudara, dan hanya sekitar 7% jalan yang diaspal. Dolar Liberia adalah mata uang Afrika dengan kinerja terburuk kelima yang dilacak oleh Bloomberg terhadap greenback tahun ini – terdepresiasi sebesar 18%.

Untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut, pemerintahan yang akan keluar telah berjanji untuk menciptakan lingkungan yang mendukung dunia usaha, mengurangi utang, membatasi kelemahan mata uang dan menggunakan kebijakan fiskal dan moneter untuk mendorong inflasi kembali ke bawah 10% – jika mantan bintang AC Milan itu mendapatkan masa jabatan kedua. .

Boakai telah berkampanye untuk membalikkan perekonomian dengan meningkatkan hasil pertanian dan membangun jalan.

(bbn)

No more pages

Artikel Terkait