Logo Bloomberg Technoz

IMF Gagal Capai Konsensus Usai Perundingan Panjang

News
15 October 2023 09:55

Kantor IMF di Washington D.C (Al Drago/Bloomberg)
Kantor IMF di Washington D.C (Al Drago/Bloomberg)

Martha Beck, Jana Randow dan Eric Martin-Bloomberg News

Bloomberg , Dewan Penasihat Utama Dana Moneter Internasional (IMF) gagal mencapai konsensus pada pertemuan tahunannya. Perang Rusia di Ukraina dianggap kembali mempersulit pembicaraan IMF soal isu-isu utama. Dalam pertemuan-pertemuan sebelumnya sejak invasi pada bulan Februari 2022, dikeluarkan hanya semacam ringkasan ketua jadi bukan komunike. Hal ini perlu disetujui oleh seluruh perwakilan dari 190 negara anggotanya.

Di kesempatan terpisah, panel IMF yakni Komite Moneter dan Keuangan Internasional sepakat untuk memperbarui hak suara mereka pada masa depan. Hal ini disebut agar lebih representatif mencerminkan kekuatan ekonomi para anggota. Upaya ini sempat membuat AS, negara dengan suara paling kuat tersebut berselisih dengan Tiongkok dan negara-negara berkembang lainnya yang mencari bagian paling besar di lembaga itu.

Pernyataan IMF dan negara-negara G-20 minggu ini pada pertemuan tahunan IMF dan Bank Dunia di Marrakesh, Maroko dilaporkan memang mencerminkan keretakan geopolitik. Hal ini yang menghambat upaya multilateralisme organisasi-organisasi tersebut terkotak-kotakkan.

Untuk G-20, akhirnya dicapai konsensus dengan tak mempertimbangkan perang Israel-Hamas. Hal ini dianggap akan menghindari kebuntuan yang dapat ditimbulkan di antara para anggotanya baik negara maju maupun negara berkembang yang mewakili lebih dari 80% perekonomian global tersebut.