Logo Bloomberg Technoz

Analis Optimis Samsung Segera Bangkit, Pasar Chip Masih Kokoh

Muhammad Julian Fadli
13 October 2023 19:30

Bendera Samsung. (dok Bloomberg)
Bendera Samsung. (dok Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Laba Samsung Electronics Co. turun 78% pada kuartal III-2023, mencerminkan parahnya pelemahan seluruh sektor bisnis yang terus membebani produsen cip terbesar dunia ini. 

Pendapatan operasional tercatat turun menjadi 2,4 triliun won atau US$ 1,8 miliar (setara dengan Rp28 triliun), efek secara langsung dari penurunan penjualan sebesar 13% dalam tiga bulan hingga September, dalam laporan perusahaan.

Meski sedang tertekan, pencapaian tersebut sejalan dengan konsensus pasar. Menariknya, menurut Lee Seung-Woo, Analis Eugene Investment and Securities, angka yang diraih Samsung merupakan lebih baik dari yang diperkirakan sebelumnya.

“Titik terendah untuk industri cip memori telah berlalu dan hasil laporan keuangan Samsung menunjukkan hal yang sama,” terangnya.

Senada, Analis Bloomberg Intelligence Masahiro Wakasugi dan Phu Pham memaparkan, kedepannya penjualan dan laba operasional Samsung Electronics bisa tumbuh di masa mendatang, meskipun terjadi pendapatan yang lemah tahun ini.