Logo Bloomberg Technoz

ESDM Beri Sinyal Maspion Jadi Vendor Program Rice Cooker Gratis

Sultan Ibnu Affan
13 October 2023 17:40

Ilustrasi rice cooker Maspion./dok.
Ilustrasi rice cooker Maspion./dok.

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengisyaratkan Maspion Group berpotensi menjadi pemasok rice cooker dalam program hibah 500.000 unit alat masak berbasis listrik (AML) yang menelan anggaran Rp347,5 miliar.

Menteri ESDM Arifin Tasrif tidak mau secara gamblang mengungkapkan siapa perusahaan yang ditunjuk untuk menyuplai rice cooker bagi program tersebut. Dia hanya menyebut pemerintah memilih merek lokal dengan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) tertinggi.

“Ya [TKDN-nya] yang semaksimal mungkin, kan banyak [perusahaan] yang bisa bikin. Kita lihat kan [ada] Maspion, National, dan lainnya,” ujarnya saat ditemui di kantornya, Jumat (13/10/2023).

Pemerintah sebelumnya menerbitkan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) No. 11/2023 tentang Penyediaan Alat Memasak Berbasis Listrik Bagi Rumah Tangga. Sebagai turunannya, diterbitkan pula Petunjuk Teknis Penyediaan Alat Memasak Berbasis Listrik (AML) melalui Keputusan Menteri ESDM Nomor 548.K/TL.04/DJL.3/2023.

Menurut perhitungan Kementerian ESDM, program tersebut dapat menaikkan konsumsi listrik sekitar 140 GWh atau setara dengan kapasitas pembangkit 20 MW. Tidak hanya itu, program tersebut diklaim menghemat LPG sekitar 29 juta kilo atau setara dengan 9,7 juta tabung LPG bersubsidi 3 kg.