Logo Bloomberg Technoz

Korea Utara Bantah Bantu Persenjatai Hamas Serang Israel

News
13 October 2023 14:40

Kantor polisi dihancurkan oleh militan Palestina Hamas di Sderot, Israel, pada Minggu (8/10/2023). (Kobi Wolf/Bloomberg)
Kantor polisi dihancurkan oleh militan Palestina Hamas di Sderot, Israel, pada Minggu (8/10/2023). (Kobi Wolf/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Korea Utara (Korut) diduga memasok persenjataan ke Hamas. Kecurigaan itu muncul setelah beredar video para tentara Hamas menggunakan senjata yang diproduksi di Korut.

Radio Free Asia, yang merupakan kantor berita berbasis di Washington, memberitakan dugaan penggunaan senjata Korut oleh pejuang Hamas berdasarkan video yang dibagikan di akun X milik War Noir.

Dalam video itu, salah tampak salah satu pejuang Hamas memegang roket fragmen tinggi F-7 yang diproduksi di Korea Utara. Senjata tersebut pernah diekspor ke Timur Tengah di masa lalu.

Diberitakan oleh Yonhap pada Jumat (13/10/2023) Korut membantah spekulasi Hamas menggunakan senjata Korut untuk menyerang Israel. Dalam sebuah artikel yang dipublikasikan oleh kantor berita milik pemerintah Korut Korean Central News Agency (KCNA), Ri Kwang-song, analis urusan internasional, mengatakan tudingan tersebut "tidak berdasar" dan AS harus disalahkan atas konflik yang terjadi antara Israel dan Hamas.

"Yang tidak dapat diabaikan adalah fakta bahwa AS sekali lagi melakukan fitnah keji terhadap negara kami dalam upaya menghubungkan kami dengan konflik terbaru di Timur Tengah," ungkap Ri.