Logo Bloomberg Technoz

Erick Thohir Terpilih Jadi Ketua Umum PSSI

Ezra Sihite
16 February 2023 13:11

Erick Thohir (kanan) di KLB PSSI 2023 (Tangkapan layar YouTube PSSI TV)
Erick Thohir (kanan) di KLB PSSI 2023 (Tangkapan layar YouTube PSSI TV)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir terpilih menjadi Ketua Umum (Ketum) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Erick terpilih lewat Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI yang diadakan di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat pada Kamis (16/2/2023). Agenda utama dalam kongres tersebut adalah pemilihan ketua umum, wakil ketua umum dan anggota Komite Eksekutif periode 2023-2027.

Erick Thohir menjadi salah satu dari 4 calon yang maju dalam KLB PSSI. Empat calon yang muncul yakni La Nyalla Mattalitti, Arif Putra Wicaksono. Doni Setiabudi dan Erick Thohir. Dengan meraup suara terbanyak, Erick akan menjadi Ketua Umum PSSI periode 2023-2027.

Kongres Luar Biasa Pemilihan Ketua Umum PSSI 2023 (Tangkapan layar YouTube PSSI TV)

Hasil pemilihan menunjukkan Erick Thohir mengalahkan para rival dengan 64 suara. Sedangkan Ketua DPD La Nyalla Mattalitti diketahui mendapatkan 22 suara. Diketahui pemilik suara jumlahnya 86.

"Berdasarkan penghitungan suara suara, untuk Aa Nyalla total suara 22, Erick Thohir 64 suara dengan demikian Ketua Umum PSSI Terpilih periode 2023-2027 adalah bapak Erick Thohir," ujar Ketua Komite Pemilihan (KP) Amir Burhanuddin saat membacakan hasil pengumuman pemilihan dirilis oleh PSSI.

Sementara Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule yang digantikan Erick dalam sambutan pembukaan KLB menyampaikan sejumlah pesan. Dia meminta agar ketua umum dan jajaran pengurus baru PSSI yang baru bisa membawa sepak bola Indonesia lebih maju. Dia mengingatkan bahwa di masa kepemimpinannya ranking Indonesia di FIFA naik.