Logo Bloomberg Technoz

Kamu juga bisa backup informasi terkait perangkat seperti Nomor IMEI atau International Mobile Equipment Identity yang berisi nomor unik berjumlah 15 digit. Untuk menemukan nomor IMEI bisa dengan; ketik *#06#, mencarinya pada mode Setting > informasi ponsel. IMEI dapat dipakai untuk menyelidiki HP yang hilang, apalagi dalam keadaan mati.

Pada HP dengan sistem operasi Android kamu bisa melakukan pengecekan seperti; masuk situs https://www.google.com/android/find > Beri persetujuan  Google untuk melacak lokasi HP kamu > Gabung atau login via akun Google yang terkoneksi pada HP sebelumnya > Pilih jenis HP pada layanan pelacakan, ada di bagian kiri sebelah atas > Lantas muncul notifikasi HP yang hilang dari Google Play Service > Dilanjutkan dengan informasi lokasi HP di Google maps. Cara ini belum sepenuhnya berhasil atau berpotensi tidak akurat. Google mungkin hanya memberi kisaran lokasi HP.

HP hilang dan dalam kondisi mati bisa ditelusuri lewat jaringan Google Map via perangkat lain seperti smartphone rekan, PC, ataupun laptop. Setelah membuka Google Map > pilih opsi Add Another Account (Tambah Akun) pada layar sisi kanan tepat di ikon segitiga > Masukan alamat email yang tersambung pada HP yang hilang > Jangan lupa masukkan pula password yang sesuai > Klik ‘Setuju’ > Klik ikon segitiga lagi di sisi kiri atas layar  > dilanjutkan dengan pilih menu ‘Timelines’. Sampai pada langkah ini Google akan menelusuri lokasi HP kamu.

Terdapat pilihan lain melacak HP yang mati melalui email. Caranya, kembali login akun Google atau GMail yang tersambung pada HP > Pilih ikon titik pada bagian atas layar > Pilih akun GMail yang terhubung di HP > pilih menu Security > Kemudian telusuri informasi perangkat > Pilih HP yang hilang untuk melacaknya > Pilih tombol rincian atau detail lengkap > Pilih opsi mencari perangkat. Google selanjutnya akan mengarahkan ke fitur Find My Device.

Cara lebih lanjut pada iPhone, kamu bisa memantaunya setelah mengakses situs resmi Apple dan memasukkan AppleID HP kamu. Setelah terhubung kamu bisa buka layanan Find My iPhone > pilih pencarian iPhone > pilih Play Sound agar iPhone yang dalam keadaan mati dan hilang akan bersuara. Saat HP masih berada tidak jauh di sekitar kamu, pilihan ini akan sangat berguna.

Namun saat iPhone berada jauh dari jangkauan maka pilih ‘Lost Mode’. Ini merupakan langkah represif karena orang yang menemukan HP tidak bisa mengakses karena terkunci saat perangkat ingin dinyalakan. Di waktu bersamaan Apple akan mengirimkan notifikasi lokasi keberadaan HP.

Samsung juga mempunyai layanan yang mirip, bernama ‘Find My Mobile Samsung’. Akan sangat berguna untuk menelusuri keberadaan perangkat yang kamu sendiri lupa ada dimana. Kamu bisa akses situs findmobile.samsung.com dan pilih perangkat lainnya > pilih login menggunakan akun Samsung atau email yang sudah kamu daftarkan. Sampai pada langkah tersebut HP Samsung kamu akan terlacak.

(wep/roy)

No more pages