Logo Bloomberg Technoz

Lahir pada tahun 1946 di New York, Goldin adalah seorang profesor di Universitas Harvard yang menggunakan data lebih dari 200 tahun untuk menunjukkan bahwa jika selama ini kesenjangan gaji dapat dijelaskan oleh perbedaan dalam pendidikan dan pilihan pekerjaan. Sekarang kesenjangan tersebut terutama terjadi antara pria dan wanita dalam pekerjaan yang sama, dan muncul dengan kelahiran anak pertama.

Pemahaman tersebut memberikan dasar bagi pembuat kebijakan di seluruh dunia untuk mengatasi situasi tersebut, kata Randi Hjalmarsson, seorang profesor ekonomi di Universitas Gothenburg, dalam konferensi pers setelah pengumuman penghargaan ini.

"Anda tidak bisa mengobati penyakit dengan obat tanpa mengetahui apa itu dan apa penyebabnya," katanya. 

"Dia telah memberikan dasar yang mendasar dengan implikasi kebijakan yang berbeda di berbagai negara dan konteks di seluruh dunia."

Goldin menggabungkan metode inovatif dalam sejarah ekonomi dengan pendekatan ekonomi, menunjukkan bahwa pasokan dan permintaan tenaga kerja perempuan secara historis dipengaruhi oleh peluang mereka untuk menggabungkan pekerjaan berbayar dan keluarga, keputusan terkait pendidikan dan pengasuhan anak, inovasi teknis seperti pil kontrasepsi, hukum dan norma, serta transformasi struktural ekonomi.

Dia juga mengungkap "fakta sejarah baru yang mengejutkan: sebelum munculnya industrialisasi pada abad kesembilan belas, wanita lebih cenderung berpartisipasi dalam pasar tenaga kerja," demikian kata akademi tersebut. 

Hal itu sebagian disebabkan karena "industrialisasi membuat lebih sulit bagi banyak wanita yang sudah menikah untuk bekerja dari rumah sehingga menggabungkan pekerjaan dan keluarga," dibandingkan dengan kehidupan di pertanian keluarga.

Perbedaan gaji antara pria dan wanita dapat dikurangi jika para pengusaha memberikan lebih banyak fleksibilitas kepada karyawan dalam memilih jam kerja mereka, kata Goldin dalam pidatonya di American Economic Association pada tahun 2014. Kesenjangan upah lebih kecil di industri dengan jadwal yang lebih fleksibel, seperti perawatan kesehatan dan teknologi, katanya.

Goldin mengikuti pencapaian dua wanita lainnya — Elinor Ostrom pada tahun 2009 dan Esther Duflo pada tahun 2019 — yang dianugerahi Nobel untuk Ilmu Ekonomi.

Penerima Nobel tahun lalu adalah Ben Bernanke, Douglas W. Diamond, dan Philip H. Dybvig untuk penelitian tentang bank dan krisis keuangan. Penerima-penerima sebelumnya dari penghargaan ini termasuk Paul Krugman, Joseph Stiglitz, Milton Friedman, dan Robert J. Shiller.

Nobel Prize yang diberikan secara tahunan untuk prestasi dalam bidang fisika, kimia, kedokteran, sastra, dan perdamaian digelar sesuai dengan wasiat Alfred Nobel, penemu dinamit asal Swedia, yang meninggal pada tahun 1896. Hadiah dalam ilmu ekonomi ditambahkan oleh bank sentral Swedia pada tahun 1968.

(bbn)

No more pages