Logo Bloomberg Technoz

Benarkah Situs OJK Terkena Serangan Ransomware BlackSuit?

News
06 October 2023 18:16

Tangkap layar situs BlackSuit di deep web
Tangkap layar situs BlackSuit di deep web

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pakar Keamanan Siber Indonesia, Teguh Aprianto menyatakan situs Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah terkena serangan Ransomware dari kelompok hacker Blacksuit.

"Sejak 2 hari lalu OJK dikabarkan menjadi korban serangan Royal ransomware (BlackSuit). Setelah konfirmasi ke internal OJK, confirmed. Serangan ini mengakibatkan layanan internal & eksternal milik OJK lumpuh hingga hari ini. Sebagian layanan sempat lumpuh namun hanya sementara," ujar Teguh Aprianto melalui cuitan Twitternya, Kamis (5/10/2023).

Dikutip dari The Hacker News, BlackSuit merupakan kelompok ransomware yang menyerang sistem operasi Windows dan Linux. BlackSuit Ransomware memiliki kemiripan dengan Royal Ransomware dan diduga dikembangkan oleh hacker yang sama atau memiliki afiliasi.

Hacker BlackSuit akan melakukan enkripsi terhadap sejumlah data dari para korban dan akan meminta sejumlah uang tebusan. Bila korban menolak, maka BlackSuit akan mempublikasi data korbannya ke deep web atau dark web.

Dalam penelusuran Bloomberg Technoz ke ransom watch, BlackSuit memang termasuk kelompok hacker yang aktif mempublikasi data korban ke dunia maya. Namun, ketika dicek ke situs BlackSuit di deep web, tidak ada pernyataan maupun keterangan dari BlackSuit bahwa mereka telah menyerang situs OJK Indonesia.