Logo Bloomberg Technoz

Selain melakukan pengawasan terhadap proses pendistribusian beras SPHP, Satgas Pangan Polri juga melakukan monitor terhadap gudang-gudang penyimpanan beras sebagai bentuk antisipasi terjadinya penimbunan oleh spekulan dan tindakan-tindakan lain yang dapat menyebabkan terhambatnya proses jalur distribusi beras ke masyarakat. 

Berdasarkan data Perum Bulog, saat ini stok indikatif Cadangan Beras Pemerintah (CBP) sebanyak 1,7 juta ton. Sementara pada tanggal 4 Oktober 2023, pihaknya juga telah melakukan pembongkaran terhadap 27.000 ton beras impor yang berasal dari Vietnam, ini merupakan tindak lanjut dari penugasan impor 2 juta ton beras oleh pemerintah pada tahun 2023. 

Sebelumnya, Whisnu juga membenarkan praktik penimbunan stok beras masih terjadi di sejumlah daerah. Meski enggan detail, dia mengatakan, polisi sedang melakukan penyelidikan terhadap beberapa kasus tersebut.

Secara paralel, kata dia, polisi juga sudah menangkap beberapa pelaku penimbun beras. Dalam waktu dekat, beberapa pelaku akan mulai menjalani masa persidangan di pengadilan.

Menurut dia, satgas memang memantau dengan ketat potensi terjadinya penimbunan stok beras. Dia menilai, tindak pidana ini yang paling berpengaruh pada pergerakan harga komoditas di pasar dan inflasi daerah.

"Kalau terjadi penimbunan, stoknya menurun di pasar, harganya juga ikut naik," kata Hermawan di Pasar Induk Beras Cipinang, Rabu (4/9/2023).

(dov/ain)

No more pages