Logo Bloomberg Technoz

BPH Migas Masih Timbang Izinkan Pertashop Jual Petalite

Sultan Ibnu Affan
06 October 2023 12:20

Gerai Pertashop./dok. Pertamina
Gerai Pertashop./dok. Pertamina

Bloomberg Technoz, Jakarta – Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) menyatakan pemerintah hingga kini masih mengkaji kemungkinan Pertashop atau 'SPBU Mini' milik Pertamina untuk juga menjual bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite.

Anggota Komite BPH Migas Saleh Abdurrahman mengatakan, pemerintah perlu memperhitungkan wacana tersebut secara matang-matang, lantaran sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan komersial dan pengawasan pasokan bensin bersubsidi.

"Untuk menjual Pertalite yang merupakan JBKP [Jenis BBM Khusus Penugasan], pengawasannya ketat, karena ada komponen kompensasi. Nah ini perlu dikaji kaitannya dengan aspek komersial juga," ujarnya saat dihubungi, Jumat (6/202/2023).

Pertashop sendiri merupakan distributor resmi BBM dan produk ritel nonsubsidi dari Pertamina Group, dengan tujuan mendekatkan produk energi ke konsumen akhir di perdesaan, yang selama ini belum terjangkau akses langsung ke lembaga penyalur resmi Pertamina.

Namun, SPBU Mini tersebut hanya diperbolehkan untuk menjual produk Petamina nonsubsidi, mulai dari Pertamax, LPG 12 kg, Bright Gas, dan produk ritel Pertamina lainnya.