Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Minta Buat Tourism Fund, Bantu Dana Promosi Pariwisata

News
05 October 2023 11:55

Sandiaga Uno. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Sandiaga Uno. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan pembentukan tourism fund atau dana pariwisata. Anggaran yang berada di dana pariwisata itu diklaim bakal bermanfaat untuk mendukung pembiayaan pengembangan pariwisata berkelanjutan.

"Bahwa akan dibentuk tourism fund atau sebuah dana yang akan mendukung pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan, seperti mengundang event-event berkelas internasional, event-event budaya, olahraga maupun juga MICE [meeting, incentive, convention & exhibition],” kata Menparekraf Sandiaga Uno usai rapat terbatas di Istana Merdeka, Rabu (4/10/2023).

Belum ada perkembangan terkini mengenai rencana pembentukan tourism fund tersebut. Namun demikian, Sandi mengakui bahwa konsep dana pariwisata itu telah diperkenalkan oleh beberapa negara untuk mengembangkan pariwisata mereka.

“Arahan presiden ini segera ditindaklanjuti dengan segera [pembentukan dana pariwisata],” ujarnya.

Dana Pariwisata Indonesia, kata Sandi, akan dibentuk dengan pendekatan tata kelola yang baik dan difokuskan pariwisata berkelanjutan dan berkualitas serta hijau dan mengutamakan kekuatan budaya nusantara.

Industri Pariwisata Bali (Sumber: Bloomberg)