Logo Bloomberg Technoz

Kronologi Serangan Siber di Situs OJK, yang Belum Pulih 100%

News
03 October 2023 11:00

Ilustrasi pengamanan situs dari serangan siber. (Dok Bloomberg)
Ilustrasi pengamanan situs dari serangan siber. (Dok Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Senin petang kabar situs resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tidak dapat diakses. Dari percobaan yang kami lakukan kala itu, seluruh halaman berstatus gagal akses.

Pada saat kabar ini disiarkan pada Senin petang, belum ada keterangan dari perwakilan otoritas pengawasan perbankan dan lembaga keuangan lainnya tersebut. Lantas, pada akun media sosial OJK mengonfirmasi bahwa terjadi gangguan sistem informasi.

Hal yang juga dibenarkan oleh  Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal, Keuangan Derivatif dan Bursa Karbon Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Inarno Djajadi, saat dimintai konfirmasi saat gangguan tengah berlangsung.

Kepala Departemen Edukasi, Literasi dan Komunikasi OJK, Aman Santosa kemudian menyatakan, “Sehubungan dengan adanya gangguan pada layanan sistem informasi OJK, bersama ini kami informasikan bahwa sedang dilakukan proses pemulihan layanan.”

Pada Senin malam hingga siang  ini keluhan situs OJK error masih muncul di kanal media sosial, baik melalui pernyataan di platform X ataupun komentar pengguna di postingan Instagram.