Logo Bloomberg Technoz

Sebagai salah satu produsen minyak terbesar di OPEC, UEA telah menghadapi kritik atas rencananya untuk meningkatkan kapasitas produksi minyak sekitar 20% menjadi 5 juta barel per hari (BOPD) pada 2027 dan karena menunjuk Chief Executive Officer Adnoc Sultan Al Jaber sebagai ketua konferensi COP28.

Bahkan, dengan target penangkapan karbon yang lebih ambisius, Adnoc hanya akan menghentikan sebagian kecil emisinya mencapai atmosfer. 

Perusahaan ini menghasilkan 24 juta ton CO2 setiap tahunnya pada operasi hulunya sendiri, atau produksi minyak dan gas (migas). Perhitungan target Adnoc juga tidak mencakup emisi yang dihasilkan oleh pelanggan yang membakar minyak dan gas yang dihasilkannya.

Adnoc pada September mengumumkan proyek penangkapan karbon keduanya, yang akan mencegah CO2 mencapai atmosfer di fasilitas pemrosesan gas alam Habshan dan memompanya ke sumur minyak mentah, yang kemudian akan digunakan untuk meningkatkan produksi dalam proses yang dikenal sebagai peningkatan pemulihan minyak. 

Proyek tersebut, setelah selesai, akan meningkatkan kapasitas penangkapan karbon Adnoc menjadi 2,3 juta ton per tahun.

Perusahaan juga memiliki proyek yang lebih kecil untuk mengambil emisi karbon dari pabrik baja dan menyuntikkan gas ke ladang minyak.

Adnoc sedang mencari sumber CO2 lain di emirat yang dapat ditangkap dan digunakan kembali atau disimpan secara permanen, kata Musabbeh Al Kaabi, kepala solusi rendah karbon dan pertumbuhan internasional Adnoc, dalam sebuah wawancara bulan lalu. 

Adnoc pekan ini menjadi tuan rumah konferensi minyak tahunan utamanya, Adipec, yang tahun ini kemungkinan besar akan diisi dengan diskusi mengenai iklim. Adnoc sering mengumumkan pemberian kontrak untuk proyek yang sedang berjalan di Adipec.

(bbn)

No more pages