Logo Bloomberg Technoz

Citigroup Bakal Menjual Bisnis Wealth Management di China ke HSBC

News
28 September 2023 16:00

Citibank. (Dok: Bloomberg)
Citibank. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg - Citigroup Inc. sedang dalam pembicaraan untuk menjual bisnis ritel wealth management di Tiongkok kepada HSBC Holdings Plc, menurut beberapa sumber yang mengetahui masalah ini. HSBC Holdings Plc terus berekspansi di Tiongkok.

Bisnis ritel Citi di Tiongkok memiliki aset dan simpanan sekitar US$4 miliar atau sekitar Rp60 triliun serta sekitar 400 staf. Seluruh aset dan staf akan ditransfer ke HSBC jika kesepakatan tersebut berhasil, kata sumber tersebut, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena mereka tidak berwenang untuk berbicara secara publik. Kesepakatan itu bisa diumumkan paling cepat bulan depan, kata salah satu sumber.

Citi mengatakan pada akhir tahun lalu bahwa mereka akan menghentikan bisnis consumer banking di Tiongkok, dan menghentikan produk-produk seperti simpanan, asuransi, dan kredit pemilikan rumah (KPR). Bank AS tersebut mengatakan bahwa mereka akan terus secara aktif mengejar penjualan portofolio dari bisnis consumer banking.

HSBC berusaha untuk menjadi pemimpin di salah satu pasar kekayaan dengan pertumbuhan tercepat di dunia sebagai bagian dari strategi porosnya ke Asia. Pemberi pinjaman yang berbasis di London ini telah mencari sumber daya manusia dari Credit Suisse dan lainnya selama setahun terakhir.

Reuters sebelumnya melaporkan potensi penjualan. Citigroup dan HSBC menolak berkomentar.