Logo Bloomberg Technoz

Kenaikan laba ini menunjukkan permintaan mungkin telah membaik setelah pemerintah meningkatkan langkah-langkah dalam beberapa bulan terakhir untuk menopang pasar properti dan mendorong pengeluaran konsumen.

Produksi industri meningkat pada bulan Agustus, sementara deflasi harga produsen mereda dan memberikan dorongan bagi keuntungan.

Data Industri China. (Dok: Bloomberg)

"Dengan rebound yang stabil dalam produksi industri dan peningkatan dalam hubungan antara produksi dan penjualan, pendapatan perusahaan industri meningkat secara bertahap," kata Yu dari NBS.

Pertumbuhan ekonomi China mulai stabil setelah perlambatan awal tahun, meskipun penurunan berkelanjutan di pasar perumahan tetap menjadi risiko besar bagi prospek ini. Para ekonom telah menurunkan perkiraan pertumbuhan mereka untuk China secara selama tahun ini dan memperkirakan ekspansi 5%.

Secara terpisah, bank sentral China pada Rabu berjanji untuk memberikan "dukungan yang lebih kuat" bagi perekonomian.

Pihak berwenang menyebut akan fokus pada penerapan langkah-langkah pelonggaran moneter yang telah diperkenalkan, menjaga kecukupan likuiditas dan pertumbuhan kredit pada "tingkat yang rasional dan stabil," demikian kata Bank Rakyat China (PBOC).

PBOC menyebut akan memperluas dukungan untuk sektor-sektor yang ditargetkan termasuk perusahaan kecil, sektor hijau, inovasi teknologi,  infrastruktur, dan mendorong untuk mengurangi biaya pembiayaan melalui reformasi berbasis pasar atas suku bunga pinjaman acuan bank dan suku bunga deposito.

Bank sentral juga mengulangi janji untuk mencegah pergerakan berlebihan dalam nilai tukar yuan dan mempromosikan pengembangan pasar properti yang stabil.

(bbn)

No more pages