Logo Bloomberg Technoz

Sinyal Saham Tunjukkan Resesi, Kondisi Industri Juga Tak Bagus

News
25 September 2023 05:32

Ilustrasi Amerika Serikat (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Amerika Serikat (Bloomberg Technoz)

Jessica Menton, Elena Popina and Esha Dey-Bloomberg News

Bloomberg , Saham-saham perusahaan kecil dan juga industri di Amerika Serikat (AS) melemah yang biasanya menandakan sinyal resesi. Namun karena sejumlah ekuitas sudah melampaui harapan para investor, pergerakan saham melemah itu tidak dianggap sebagai sesuatu yang serius.

Sementara itu indeks S&P 500 industri mencapai puncaknya pada 1 Agustus dan turun sekitar 8% sejak saat itu. Kondisi melemah ini terjadi setelah beberapa operator besar AS memangkas perkiraan laba mereka untuk kuartal ketiga karena lonjakan harga minyak yang terjadi secara tiba-tiba.

Di sisi lain Indeks Russell 2000 yang berkapitalisasi kecil telah kehilangan lebih dari 11% dari penutupan tertingginya pada 31 Juli lalu. Angka itu kira-kira dua kali lipat penurunan Indeks S&P 500 pada waktu yang sama. Penurunan tajam pada saham-saham berkapitalisasi kecil dan industri memang biasanya terjadi ketika ekonomi masuk dalam resesi.

Indeks S&P.m (Source: Ned Davis Research Group via Bloomberg)

Tanda-tanda buruknya bursa saham juga ditandai sejumlah hal. Indeks S&P 500 sedang menuju penurunan kuartalan pertama dalam setahun dan baru saja mengalami pekan terburuk sejak 10 Maret pada saat Silicon Valley Bank bangkrut. Kemudian indeks juga telah merosot 2,8% sejak Rabu, hari pengumuman kebijakan Federal Reserve yang menahan suku bunga.