Logo Bloomberg Technoz

Masuk Tahap Rekomendasi, UE Kian Serius Bahas Keanggotaan Ukraina

News
22 September 2023 19:20

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy saat KTT luar biasa para pemimpin Uni Eropa di Brussel, Belgia, Kamis (9/2/20223). (Valeria Mongelli/Bloomberg)
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy saat KTT luar biasa para pemimpin Uni Eropa di Brussel, Belgia, Kamis (9/2/20223). (Valeria Mongelli/Bloomberg)

Jorge Valero - Bloomberg News

Bloomberg, Badan eksekutif Uni Eropa (UE) sedang bersiap untuk merekomendasikan dimulainya perundingan keanggotaan dengan Ukraina dengan sungguh-sungguh, dan menawarkan dorongan kepada Kyiv dalam upaya untuk memastikan bahwa sekutunya melanjutkan dukungan militer dan keuangan.

Komisi Eropa diperkirakan bakal merekomendasikan peluncuran proses aksesi selama bertahun-tahun pada bulan depan, kata orang-orang yang mengetahui masalah tersebut.

Namun, mereka mungkin akan menuntut Ukraina untuk membuat kemajuan di beberapa bidang prioritas termasuk korupsi sebagai langkah sementara, tambah orang-orang yang meminta untuk tidak disebutkan namanya dalam pembicaraan pribadi.

Setelah komisi tersebut membuat rekomendasinya, para pemimpin UE harus menandatanganinya, kemungkinan besar pada pertemuan puncak mereka pada Desember. Setelah itu, Ukraina akan memulai prosedur panjang untuk menyelesaikan reformasi dan menyelaraskan diri dengan undang-undang UE di lebih dari 30 bidang, termasuk supremasi hukum dan ekonomi.

Peta anggota, kandidat anggota, dan anggota potensial Uni Eropa./dok. Bloomberg