Logo Bloomberg Technoz

Militer AS Minta Bantuan Cari Pesawat F-35 yang Jatuh

News
18 September 2023 20:15

Pesawat F-35 (Sumber: Bloomberg)
Pesawat F-35 (Sumber: Bloomberg)

Kate Duffy - Bloomberg News

Bloomberg, Militer Amerika Serikat sedang mencari pesawat jet tempur F-35 yang hilang. Hal ini terjadi usai sebuah insiden kecelakaan yang membuat pilot pesawat siluman canggih tersebut harus melontarkan diri di atas wilayah Carolina Selatan.

Tim tanggap darurat dibentuk untuk menemukan sisa dari jet tempur F-35B Lightning II yang mengalami 'kecelakaan' versi militer AS, Minggu Sore lalu. Pangkalan Gabungan Charleston, sebuah markas udara militer di South Carolina, mengungkap pada media sosialnya, pilot yang tak disebutkan identitasnya tersebut telah dibawa ke rumah sakit setempat dalam kondisi stabil.

Pangkalan Charleston pun meminta masyarakat bekerja sama dengan pihak berwenang militer untuk mencari sisa dari jet tempur F-35 tersebut. Pangkalan udara tersebut juga telah bekerja sama dengan Stasiun Udara Korps Marinir Beaufort untuk fokus mencari bangkai pesawat di sebelah Utara Charleston yaitu pada sekitar Danau Moultrie, dan Danau Marion. Kedua tempat ini diduga menjadi lokasi akhir yang bisa disimpulkan.

Pesawat F-35 adalah produksi perusahaan Lockheed Martin Corp dengan desain pesawat tempur satu kursi. Pesawat ini populer karena kualitas silumannya yang membuat sangat sulit terdeteksi radar.