Logo Bloomberg Technoz

Korban Tewas Gempa Maroko Bertambah, Kini Lampaui 2.800 Jiwa

News
12 September 2023 17:50

Gempa Maroko (Sumber: Bloomberg)
Gempa Maroko (Sumber: Bloomberg)

Souhail Karam - Bloomberg News

Bloomberg, Korban tewas dalam bencana gempa bumi di Maroko terus bertambah mencapai lebih dari 2.800 orang. Pemerintah telah berjanji memberi bantuan untuk para korban, termasuk rekonstruksi rumah dan sekolah.

Tantangan yang ada saat ini termasuk membangun kembali setidaknya 30.000 rumah serta 500 sekolah, rumah sakit, jalan, dan infrastruktur lainnya, demikian menurut Perdana Menteri Aziz Akhannouch dalam pernyataan yang disampaikan oleh media lokal, termasuk Hespress.com dan Le360.

Gempa terkuat yang melanda Maroko dalam 120 tahun terakhir ini mengguncang pegunungan Atlas Tinggi pada Jumat malam lalu, memengaruhi beberapa populasi paling miskin dan merusak sebagian dari Marrakech, salah satu tujuan wisata negara itu.

Wwrga berjalan di antara puing bangunan yang hancur akibat gempa bumi di wilayah Al Haouz Maroko, Minggu (10/9/2023). (Nathan Laine/Bloomberg)

Janji perdana menteri itu muncul ketika tim penyelamat, termasuk dari luar negeri, berupaya mencapai daerah terpencil, di mana kemarahan warga tumbuh karena kurangnya tanggapan pemerintah.