Logo Bloomberg Technoz

Usai Italia Buka Pabrik Piaggio, Jokowi Minta agar Investasi EV

Ezra Sihite
11 September 2023 09:30

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri (PM) Italia Giorgia Meloni. (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri (PM) Italia Giorgia Meloni. (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Italia sudah meresmikan pabrik Piaggio di Jababeka, Cikarang pada tahun lalu. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut hal ini dan meminta agar peningkatan investasi kedua negara terus berlanjut. Hal itu disampaikan Jokowi saat bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Italia Giorgia Meloni di di Bharat Mandapam, IECC, Pragati Maidan, New Delhi, India, pada Minggu (10/9/2023).

“Saya sambut baik peningkatan investasi Italia dan peresmian pabrik Piaggio tahun lalu,” ujar Presiden Jokowi di India. 

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menyampaikan apresiasi atas komitmen Italia dalam skema Just Energy Transition Partnership (JETP). Presiden berharap komitmen tersebut dapat segera diwujudkan dalam waktu segera. JETP merupakan skema pembiayaan dalam kemitraan global untuk transisi energi. Hal ini diinisiasi pada 2021 oleh sejumlah pemimpin dunia yang khawatir dengan lambatnya transisi energi di sejumlah negara.

“Saya harap komitmen segera diimplementasikan karena dukungan mobilisasi pendanaan adalah elemen penting transisi energi,” kata Presiden lagi sebagaimana dikutip dari laman Setkab.

Kepala Negara juga mengundang Italia untuk terlibat dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik (EV) di Indonesia dan infrastruktur hijau. Diketahui pertemuan bilateral antara Jokowi dan Giorgia berlangsung tak begitu lama sekitar 20 menit.