Logo Bloomberg Technoz

Cara Dapatkan Diskon Tiket Kereta 20% untuk Warga Disabilitas

News
09 September 2023 15:15

Kereta melintas di jalur Jerakah-Semarang usai terjadi insiden tabrakan antara KA Brantas Jakarta-Blitar dengan mobil truk (Dok. KAI)
Kereta melintas di jalur Jerakah-Semarang usai terjadi insiden tabrakan antara KA Brantas Jakarta-Blitar dengan mobil truk (Dok. KAI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberikan potongan harga tiket kereta api jarak jauh kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi untuk warga disabilitas. Besaran potongan mencapai 20% dan berlaku sejak 17 September 2023.

VP Public Relations KAI Joni Martinus menjelaskan cara untuk mendapatkan diskon tersebut:

  1. Wajib melakukan registrasi di Customer Service (CS) Stasiun paling lambat H-2 keberangkatan kereta api. 
  2. Registrasi tarif khusus disabilitas ini wajib melampirkan surat keterangan asli dari dokter rumah sakit atau puskesmas bahwa yang bersangkutan adalah penyandang disabilitas.
  3. Registrasi dapat diwakilkan. Syaratnya wali diminta membawa surat keterangan asli dari dokter rumah sakit/puskesmas, KTP asli, dan pas foto milik warga disabilitas yang akan didaftarkan sebagai penumpang.
  4. Registrasi hanya sekali saja dan penumpang disabilitas selanjutnya dapat membeli tiket dengan tarif khusus potongan 20% melalui aplikasi Access H-45 atau di Loket Stasiun.
  5. Saat proses boarding dan pemeriksaan di atas kereta api, pemegang tiket dengan tarif reduksi disabilitas wajib membawa serta menunjukkan KTP asli atau surat keterangan asli penyandang disabilitas.
  6. Jika saat boarding dan atau pemeriksaan di atas kereta api tidak dapat menunjukkan KTP asli atau surat keterangan asli penyandang disabilitas, maka tiket hangus dan penumpang diturunkan pada kesempatan pertama.

Pemberlakukan mulai 17 September ini, lanjut Joni, bertepatan dengan  “Hari Perhubungan Nasional” dan menjadi kebijakan KAI dalam menyediakan pelayanan kepada masyarakat secara luas, termasuk yang memiliki keterbatasan fisik, intelektual, mental dan/atau sensorik dalam jangka waktu lama.