Logo Bloomberg Technoz

Bos Pertamina Ungkap Alasan Ingin Bikin Bensin Campur Bioetanol

Sultan Ibnu Affan
07 September 2023 19:20

Ilustrasi SPBU (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi SPBU (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT Pertamina (Persero) menjelaskan misi perusahaan untuk mulai memasifkan produksi berbagai bahan bakar ramah lingkungan, yang salah satunya mencakup bensin bauran bioetanol alias Pertamax Green.

Terkait dengan hal itu, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan salah satu strategi utama perseroan saat ini adalah membangun atau memproduksi energi berkelanjutan, dengan bahan baku yang sudah dimiliki oleh Indonesia.

“Jadi bukan cuma bicara green saja, tetapi juga harus sustainable. Suplainya harus ada terus-menerus, kemudian kita miliki kemampuan untuk mengelolanya menjadi energi lebih baik yang disebut low-carbon energy,” ujarnya di sela Indonesian Sustainable Forum (ISF), Kamis (7/9/2023).

Nicke menyebut proyek bioetanol merupakan salah satu strategi besar Pertamina untuk pengembangan energi terbarukan. Dia menyebut produk yang dihasilkan bisa dinamai apa saja, tidak harus Pertamax Green.

Bensin bauran bioetanol tersebut juga merupakan upaya badan usaha milik negara (BUMN) untuk berkontribusi menurunkan emisi karbon.