Logo Bloomberg Technoz

Erick Thohir: Pertalite Akan Diefisienkan, Bukan Dihapus

Dovana Hasiana
07 September 2023 16:10

Menteri BUMN Erick Thohir./Bloomberg Technooz-Dovana Hasiana
Menteri BUMN Erick Thohir./Bloomberg Technooz-Dovana Hasiana

Bloomberg Technoz, Tangerang – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membantah PT Pertamina (Persero) berencana menghapus bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite pada 2024.

Dia menjelaskan sebenarnya perusahaan tambang dan minyak milik negara itu mengusulkan skema agar penggunaan bensin dapat lebih efisien dan ramah lingkungan, salah satunya dengan mengkaji produksi Pertamax Green 92.

Sekadar catatan, menurut Pertamina, Pertamax Green 92 merupakan bensin Pertalite yang dibaurkan dengan bioetanol 7% (E7) untuk menaikkan research octane number (RON) Pertalite dari 90 menjadi 92.

Enggak. Semua pembicaraannya dibentuk media, katanya Pertalite akan dihapus. Tidak pernah ada statement itu. Enggak ada, yang ngomong siapa?” ujarnya usai acara Tumbuh Bersama, Bisa Tumbuh di Tangerang, Kamis (7/9/2023).

Erick mengatakan rencana bauran bensin Pertamina dengan bahan bakar nabati berbasis tebu atau bioentanol memang menjadi salah satu hal yang tengah dikaji perseroan. Namun, hal tersebut tidak serta-merta berarti Pertalite akan dihapuskan pada tahun depan.