Logo Bloomberg Technoz

Luhut Akui Pemerintah Bahas Soal Penghapusan Pertalite pada 2024

Sultan Ibnu Affan
06 September 2023 15:00

Suasana pengisian BBM di SPBU Pertamina, Jakarta, Rabu (1/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Suasana pengisian BBM di SPBU Pertamina, Jakarta, Rabu (1/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengakui pemerintah memang tengah membahas wacana penghapusan Pertalite, sejalan dengan upaya pemerintah dalam mengatasi masalah polusi udara belakangan ini.

"Nanti kita lakukan semua itu. Sekarang lagi dihitung ini kan, karena ini kan masalah polusi juga. Jadi kita mau [bahan bakar minyak/BBM bauran] etanol berapa persen, supaya oktannya naik, supaya sulfurnya kurang," ujarnya ditemui di sela acara Bloomberg CEO Forum di Jakarta, Rabu (6/9/2023).

Luhut menilai penyebab terbesar polusi udara –khususnya di DKI Jakarta dan seitarnya– berasal dari transportasi kendaraan bermotor, dibuktikan dengan banyaknya kendaraan yang tidak lulus uji emisi.

"Jadi hasil pengetesan di lapangan sekarang 37% sepeda motor tidak lulus uji emisi. Nah jadi sekarang kita mau perbaikan dahulu bahan bakarnya. Jadi itu semua kita lakukan secara terukur," tuturnya.

Kini, pemerintah juga tengah mengkaji lebih terperinci soal penyebab polusi udara di Indonesia melalui Program Kemitraan Indonesia-Australia untuk Perekonomian (Propera). "Saya pikir setelah studi yang dilakukan dalam minggu depan, kita akan tau targetnya dan akan lebih bagus.”