Logo Bloomberg Technoz

Tentang ESG Low Carbon, Indeks Acuan Berisikan GOTO dan MDKA

Muhammad Julian Fadli
07 September 2023 12:40

Ilustrasi Indeks FTSE 100 di London Stock Exchange (Dok Bloomberg)
Ilustrasi Indeks FTSE 100 di London Stock Exchange (Dok Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dan PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) tengah menjadi perhatian pelaku pasar setelah masuk dalam konstituen ESG Low Carbon dalam indeks FTSE.

FTSE Russell adalah penyedia indeks pasar modal yang selalu digunakan sebagai tolok ukur analisis data secara global. FTSE Russell merupakan anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh London Stock Exchange Group (LSEG).

Indeks unggulan ini merupakan indeks pilihan yang dirancang untuk membantu investor menyelaraskan investasi mereka dengan upaya pengurangan emisi dan cadangan yang signifikan intensitasnya, perhitungannya juga bersamaan dengan peningkatan peringkat lingkungan, sosial dan tata kelola atau ESG agregat terhadap tolok ukur yang mendasarinya.

“Investasi strategi yang mengintegrasikan lingkungan, sosial dan tata kelola (ESG) dan pertimbangan iklim ke dalam investasi, dan memungkinkan untuk memberi insentif kepada perusahaan untuk menyelaraskan perilaku mereka dengan tujuan keberlanjutan,” mengutip catatan FTSE Russell dalam FTSE ESG Low Carbon Select Index Series.

Perombakan atau rebalancing konstituen rutin dilakukan setiap kuartal, termasuk FTSE ESG Low Carbon Select Indexes. Susunan teranyar dalam Quarterly Review September 2023 ini bakal efektif pada penutupan perdagangan Jumat (15/92023), sehingga daftar baru konstituen yang ada GOTO dan MDKA di dalamnya dapat ditransaksikan pada awal perdagangan Senin (18/19/2023.