Logo Bloomberg Technoz

Karena kelompok yang lebih tua memiliki tingkat partisipasi angkatan kerja yang lebih rendah dibandingkan dengan pekerja usia prima, tingkat partisipasi keseluruhan diproyeksikan akan turun juga. Tingkat partisipasi angkatan kerja, yang saat ini berada pada 62,8%, diproyeksikan akan turun menjadi 60,4% pada tahun 2032.

Bagian dari populasi pria dewasa yang berada di angkatan kerja, baik yang bekerja atau mencari pekerjaan, diperkirakan akan turun secara signifikan dalam satu dekade mendatang. Partisipasi bagi wanita berusia 16 hingga 24 tahun diperkirakan akan lebih tinggi daripada pria dalam kelompok yang sama.

Total tenaga kerja AS diproyeksikan akan mencapai 169,1 juta pada tahun 2032 dari 164,5 juta tahun lalu, tetapi pertumbuhannya diperkirakan akan terpusat pada beberapa industri.

BLS memperkirakan sektor perawatan kesehatan dan bantuan sosial akan menambahkan sekitar 45% dari semua pekerjaan baru, karena populasi yang menua. Jasa profesional dan bisnis akan menambahkan sekitar 30%. Pengusaha mandiri di luar pertanian diperkirakan akan naik 1,4% pada tahun 2032.

Sebaliknya, ritel diperkirakan akan mengalami penyusutan sebesar 3,4%, sementara bidang otomatisasi aktivitas produksi akan mengalami penurunan pekerjaan sebesar 0,8%.

Peneliti dari Departemen Tenaga Kerja AS memperkirakan bahwa kasir, yang merupakan pekerjaan terbesar kelima dalam ekonomi, akan menjadi paling terkena dampak dari penurunan pekerjaan ritel. Hampir 350.000 pekerjaan kasir diperkirakan akan dihapus, menurut perkiraan pemerintah.

Industri ini menghadapi sejumlah perubahan yang mencakup lebih banyak belanja online dan sistem self-checkout. Pada saat yang sama, pekerjaan di bidang transportasi dan pergudangan diperkirakan akan naik karena orang memanfaatkan opsi pengambilan barang di toko atau mengandalkan pengiriman.

Penurunan serupa terlihat pada pekerjaan sekretaris seiring dengan kemajuan teknologi seperti perangkat lunak komputer, yang ditingkatkan dengan teknologi kecerdasan buatan (AI), yang akan mengotomatisasi fungsi rutin di belakang layar, seperti persiapan dokumen dan berbagi data.

Peningkatan pekerjaan yang paling kuat adalah ilmuwan data, statistikawan, aktuaris, dan analis riset operasi yang dapat menginterpretasikan dan menganalisis data.

(bbn)

No more pages